× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Mudskipper, si ikan yang bisa tenggelam.


Uniknya Mudskipper, ikan yang bisa berjalan di darat, melompat dan memanjat pohon. Meski tak memiliki empat kaki seperti ikan axolotl atau salamander tapi soal kepiawaian berjalan Mudskipper jauh lebih hebat, dan ajaibnya ia sanggup bertahan hidup di daratan selama puluhan menit.

Banyak sebutan nama untuk ikan aneh Mudskipper ini, diantaranya ikan tembakul, gelodok, belodok, blodok, gabus laut dan ikan jorok. Eksistensi Mudskipper sudah ada sekitar 22,5 juta tahun lalu dan menjadi salah satu hewan purba yang sanggup bertahan hidup sampai hari ini dari kepunahan.

Hobinya senang melompat-lompat, bermain di daratan sampai memanjat akar-akar pohon bakau. Si Belodok ini saat berada di tanah berlumpur sangat gesit berjalan dan senang melompat jauh.

Lebih dari 89 persen hidupnya dihabiskan untuk bermain kecipak kecipuk di daratan, oleh sebab itu para ahli meyakini kalau Mudskipper menjadi salah satu bukti evolusi ikan yang suatu saat beralih menjadi hewan amfibi sejati.

Kemampuan bertahan di daratan ikan Mudskipper ini karena dirinya bisa bernapas melalui kulit tubuhnya yang didukung oleh selaput lendir yang terdapat pada mulut serta kerongkongannya. Setelah 7 sampai 10 menit ia hanya perlu mencelupkan diri sebentar agar tubuhnya kembali lembab dan menyimpan cadangan air di rongga insangnya selagi ia bermain di daratan.

Tak hanya cara berjalan ikan Mudskipper yang unik tapi juga ketika ia sedang berenang. Matanya selalu berada diatas permukaan air persis seperti gaya berenang kodok. Dan lucunya kedua mata mereka juga bisa berputar 360 derajat melihat ke segala penjuru arah.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikel Fakta Unik Wow Informasi MenarikFlora dan FaunaWow
+