× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
5 0 0 0 0 0
5
   ic_mode_light.png

15 Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah

Mengatasi rambut rontok tidaklah sesusah atau kerumit yang kita bayangkan. Kamu bisa melakukannya diwaktu senggang kamu saat dirumah. Selain itu, mengatasi rambut rontok dirumah itu lebih aman dan hemat biaya dari pada kamu harus mengeluarkan berratus-ratus ribu untuk sekali perawatan di salon dengan bahan yang kamu sendiri belum tahu pasti isi kandungannya. Berikut beberapa cara mengurangi rambut rontok dirumah dengan mudah.

1. Sarapan

Selain untuk mengisi tenaga kita sebelum seharian memulai aktifitas, manfaat sarapan lainnya adalah untuk kesehatan rambut kita. Saat sarapan sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan protein, gizi dan vitamin yang baik untuk tubuh dan rambut. Kekurangan protein seperti (daging merah, telur, ayam dan lain sebagainya) dapat menghambat pertumbuhan keratin rambut. Maka dari itu kalau diantara kalian yang suka malas sarapan, ada baiknya mulai sekarang dicoba untuk tidak melewatkan waktu makan pagi ini.

2. Minyak Zaitun/Olive Oil

Cara menghilangkan rambut rontok yang pertama adalah menggunakan minyak zaitun. Kita semua tahu, olive oil atau minya zaitun memiliki banyak manfaat mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki bisa dimanfaatkan khasiatnya. Untuk mengobati rambut yang rontok dengan minyak zaitun caranya cukup mudah. Tuangkan minyak zaitun pada 1 sendok makan minimal 30 menit sebelum keramas, oleskan minyak zaitun dari akar sampai ujung rambut sambil memijat selama kurang lebih 2-4 menit secara perlahan. Setelah itu lakukan keramas seperti biasa menggunakan shampoo hingga bersih.

3. Masker Buah-buahan

Sebagain besar wanita pasti pernah melakukan perawatan creambath entah itu di salon atau melakukan sendiri dirumah. Masker yang biasa digunakan untuk creambath ini bisa kamu buat sendiri dirumah denganbeberapa jenis buah seperti pisang, alpukat, semangka dan melon. Membuat masker dari beberapa macam buah, cukup ampun untuk mengatasi rambut rontok. Cara membuatnya sangat mudah. Blender sampai halus ke 3 macam buah tersebut lalu tambahakan 1 sendok yoghurt tanpa rasa aduk sampai merata. Setelah itu oleskan keseluruh rambut, tunggu sekitar 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

Tahukah kamu jenis buah diatas mengandukasam sitrat dan antioksidan yang baik untuk rambut kita. Pada buah alpukat dan yoghurt berkhasiat sebagai pelembab untuk rambut. Sedangkan buah pisang, semangka dan melon bisa membuat rambut kamu menjadi lebih berkilau dan sehat.

4. Pijit Kepala Dengan Campuran Teh Hijau & Daun Seledri

Sebelum kita memulai tahapan ini, sebaiknya kamu menyiapakan seperti:

Handuk kecil bersih 1 buah.Mentium dan lemon yang direndam dengan air hangat.Teh Hijau dan daun Seledri yang telah diseduh

Jika sudah siap semua, hal pertama yang kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah ambil 1 handuk kecil bersih tadi lalu rendam handuk tersebut kedalam air hangat yang berisikan mentium dan lemon selama 2-5 menit. Selanjutnya peras handuk tersebut dan tutup kepada menggunakan handuk yang sudah diperas tadi selama kurang lebih 10 menit.

Sambil menunggu air menyerap ke kulit kepala, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan yang membuat kamu lebih rileks seperti yoga atau mendengarkan musik klasik atau tarik nafas secara pelahan dan berulang. Buat badan dan pikiran kamu merasa tenang. Hal ini bisa mencegah rasa strees pada diri kamu. Setelah 10 menit, teteskan teh hijau dan selendri secara bertahap kepada kulit kepala, kamu bisa memijat kulit kepala kamu agar tetesan tersebut menyerap ke kulit kepala. Terakhir bilas rambut kamu hingga bersih sampai tidak ada minyak yang tersisa pada kulit kepala dan rambut kamu.

5. Buah Mangga, Yoghurt dan Kuning Telur

Cara mengatasi rambut rontok lainnya dengan buah mangga, yoghurt dan kuning telur. Pertama-tama siapkan beberapa potongan buah mangga dan 1 sendok makan yoghurt serta 2 butir kuning telur. Blender sampai halus dan kental setelah itu saring serat-serat kasar yang masih ada. Kamu hanya membutuhkan serat yang halus untuk dioleskan kerambut rontok kamu. Jika sudah terpisah, oleskan masker mangga, yoghurt dan kuning telur ke kepala kamu secara merata. Beri sedikit pijatan di kepala. Diamka selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Minyak Kemiri

Menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok bukanlah hal yang baru, sejak jaman dahulu kemiri sudah dimanfaatkan untuk membantu menyuburkan rambut. Pada biji kemiri mengandung 60-66% minyak. Minyak inilah yang dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok pada jaman dahulu hingga sekarang. Namun pada jaman sekarang, kita tidak perlu lagi ribet untuk mendapatkan minyak kemiri seperti dahulu. Kini kita sangat mudah untuk mendapatkan minyak kemiri di toko-toko sekitar obat herbal di sekitar rumah kita.

Untuk penggunaanya tidak sulit kamu cukup beberapa tetesan minyak kemiri ketelapak tangan, selanjutkan usapkan kepada seluruh rambut hingga akar rambut secara merata. Dan diamkan sekitar 1-2 jam sambil memberikan pijatan secara perlahan dikulit kepala. Setelah itu, bersihkan rambut (keramas) hingga bersih dengan shampo.

7. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Lidah buaya sudah sangat terkenal sekali manfaatnya untuk mengatasi rambut rontok. Cara penggunanya pun sangat mudah. Kamu cukup mengambil 1 potong lidah buaya dan gunakan bagian dalamnya atau daging lidah buaya lalu oleskan pada rambut hingga merata. Diamkan sekitar 15-25 menit lalu kamu bisa membersihkan rambut dengan shampo dengan air bersih. Pada saat keramas sangat disarankan untuk menggunakan air yang mengalir.

8. Jus Kentang

Kentang dapat membantu menyuburkan rambut dengan sangat cepat. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya kita hanya perlu membuatnya menjadi jus. Setelah itu kamu bisa langsung aplikasikan pada rambut sebagai masker. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa menambahkan madu dan putih telur lalu di blender hingga tercampur rata. Setelah itu diamkan sekitar 30-60 menit setelah itu bilas hingga bersih. Selain menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok, jus kentang juga dapat dimanfaatkan untukmengatasi rambut kering dan beruban.

9. Bawang Putih

Selain untuk mencegah rambut rontok, bawang putih juga mampu untuk mengatasi rambut yang sudah terlanjur rontok karena bawang putih dipercaya dapat menghentikan kerontokan pada rambut baik yang parah sekalipun. Kandungan antibakteri yang terkandung pada bawang putih inilah yang berfungsi untuk memusnakan parasit serta dapat mengobati infeksi pada kepala. Cara penggunaanya ambil beberapa potong siung bawang putih lalu haluskan, kamu juga bisa menambahkan minyak ziatun beberapa tetes lalu usapkan kepada rambut hingga merata. Diamkan sekitar 30 menit lalu bilas hingga bersih. Selain itu kandungan sulfur pada bawang putih juga mampu memperlancar sirkulasi darah pada folikel rambut. Untuk hasil yang maksimal lakukan kebiasaan ini setiap hari sebelum keramas.

10. Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga mengandung sulfur yang tinggi sehingga hal ini yang menjadikan bawang sebagai obat alami untuk mengatasi rambut rontok. Cara aplikasinya pun tidak sulit bahkan hampir sama dengan bawang putih, kamu tinggal haluskan bawang merah seperti jus lalu oleskan pada rambut hingga rata. Setelah 30 menit kamu bisa bilas menggunakan shampo untuk sedikit mengurangi bau yang ditimbulkan oleh bawang merah ini.

11. Santan

Selain untuk mengkilaukan rambut santan juga mampu untuk mengatasi rambut rontok. Cara penggunanya kamu hanya perlu menyiapakan segelas atau bisa disesuaikan dengan kondisi ketebalan rambut kamu. Lalu oleskan keseluruh permukaan rambut hingga mengenai kulit kepala hingga merata. Setelah 30 menit kamu bisa langsung bilas dengan shampo dan air bersih. Setelah menggunakan santan, hasil yang dapat dirasaan langsung adalah rambut kamu akan terasa licin dan murah diatur serta berkilau. Untuk hasil yang maksimal gunakan santan ini minimal 2 kali dalam seminggu.

12. Jahe

Selain memberikan manfaat hangat dari dalam tubuh ternyata jahe juga bisa digunakan untuk kesuburan rambut kita. Kandungan Zingeron pada jahe inilah yang mampu membantu untuk mengatasi rambut rontok. Untuk dapat menfaatkan tanaman ini juga tidak terlalu sulit. Caranya sangat mudah, siapkan satu ruas jahe lalu bersihkan dan kupas kulitnya setelah bersih parut jahe tersebut lalu aplikasikan parutan jahe kebagian rambut yang rontok. Diamkan sekitar 20 menit agar jahe menstimulasi sel-sel rambut. Setelah 20 menit bersihkan rambut dengan shampo dan air besih.

13. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan rambut, selain untuk mampu mengatasi ketombe. Jeruk nipis juga mampu untuk mengatasi masalah rambut rontok. Penggunannya juga mudah, kamu cukup memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu gosok-gosok potongan jeruk nipis ke rambut. Setelah 15 menit bilas cuci rambut hingga bersih.

14. Minyak Lavender

Minyak lavender adalah salah satu minyak aromaterapi yang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh dan rambut kita. Minyak lavender dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala dan ketombe. Minyak lavender memiliki antiseptik yang sangat kuat yang berfungsi sebagai desinfektan untuk kulit kepala kita. Untuk mendapat manfaat minyak lavender sebagai obat rambut rontok adalah dengan cara meteteskan sekitar 10 tetes minyak lavender, kamu juga bisa menambahkan minyak esensial seperti minyak zaitun kedalamnya lalu oleskan ke kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 20 menit lalu berishkan rambut.

15. Gaya Hidup Sehat

Tahukan kamu, tubuh yang sehat memberikan dampak pada rambut kamu. Jika tubuh kamu sehat rambut kamu mungkin akan terlihat lebih indah dan sehat pula. Apa gunanya kamu rutin melakukan perawatan diatas tanpa memperhatikan gaya hidup sehat. Maka dari itu selain merawat rambut dengan berbagai macam cara seperti menggunakan obat rambut rontok, perawatan di salon atau dirumah. Ada baiknya kamu juga mulai melakukan gaya hidup sehat dengan cara berolahraga ringan, makan makanan yang bernutrisi tinggi dan kaya akan protein.

Tahukah kamu, bahwa rambut terbuat dari protein? Oleh karena ini mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari sangatlah baik. Terutama sayur atau buah yang mengandung vitamin B, zat besi, kalsum dan seng yang baik untuk kesehatan rambut kamu. Dan tidak lupa untuk minum air yang cukup.

Oke, itu dia beberapa penjelasan mengenai penyebab rambut rontok beserta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk kamu yang membaca.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikFlora dan FaunaInformasi MenarikWowTrik dan tipsLife Hack
+