× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

Gempa Terbesar Dalam Sejarah Dunia

Sebuah studi baru yang ditampilkan di Science Advances mengatakan bahwa gempa besar Chile yang baru ditemukan ini terjadi sekitar 3.800 tahun yang lalu.

Gempa itu begitu mengerikan, sehingga menyebabkan garis pantai di dekatnya ditinggalkan selama hampir 1.000 tahun. Peneliti menyebutkan, gempa besar itu disebabkan retakan besar yang mengangkat garis pantai di kawasan itu.

Itu terjadi di tempat yang sekarang disebut Chile utara. Namun, gempa besar Chile tidak hanya mengguncang tanah di daerah itu, karena menciptakan tsunami besar dengan gelombang setinggi 20 meter.

Para peneliti percaya bahwa tsunami yang disebabkan oleh gempa besar Chile menyebar hingga ke Selandia Baru, hampir 6.000 mil dari titik asal. Gelombang tsunaminya pun begitu kuat hingga melemparkan batu-batu pantai seukuran mobil hingga ratusan mil ke daratan.

Gempa yang baru ditemukan ini mengalahkan rekor gempa terbesar yang pernah tercatat sebelumnya, gempa Valdivia yang juga berlokasi di Chili pada tahun 1960. Pada saat itu, catatan mencatat gempa besar di Chile selatan itu berkekuatan hingga 9,6 magnitudo. Gempa Valdivia menewaskan hingga 6.000 orang dan mengirimkan tsunami hingga melintasi Samudra Pasifik.

Sebagai perbandingan, para peneliti percaya gempa besar Chile yang baru ditemukan ini berkekuatan 9,5. Retakan yang dibuatnya kira-kira panjangnya 620 mil, dibandingkan dengan retakan sepanjang 500 mil yang dibuat oleh gempa Valdivia.

James Goff, rekan penulis studi dan ahli geologi di University of Southampton di Inggris mengatakan, tidak ada yang percaya gempa sebesar ini mungkin terjadi di bagian utara negara itu. Namun, sekarang, Goff mengatakan mereka memiliki bukti bahwa gempa besar Chili pernah terjadi ribuan tahun yang lalu.

Goff mengatakan mereka menentukan gempa besar Chili dengan setidaknya berkekuatan 9,5 magnitudo telah memindahkan batu-batu besar. Tapi mereka tidak punya bukti. Dengan temuan baru ini, para peneliti telah menemukan bukti bahwa gempa besar ini memang ada.

Gempa besar Chile tersebut mengusir penduduk menjauh dari pantai. Sedangkan pulau-pulau yang terkena dampak di Pasifik Selatan, saat itu tidak berpenghuni. Kini, pulau-pulau itu menjadi lokasi wisata yang populer dan banyak orang berkumpul di sana.

Artinya, tsunami atau gempa bumi yang melanda daerah itu bisa menjadi bencana besar. Karena itu, Goff berharap mereka dapat belajar lebih banyak dari temuan ini jika hal seperti ini terjadi lagi. Detikinet
#misteri #sains #konspirasi #gempa #earthquake #chileearthquake #sanandreas #Chile

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowViralSeduniaSejarahInformasi MenarikFakta UnikPeristiwaRekor
+