× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
9 0 0 0 0 0
9
   ic_mode_light.png

Melihat Komet Halley yang Muncul 75 Tahun Sekali

Diperkirakan Komet Halley akan kembali pada pertengahan tahun 2061 mendatang. Diprediksi Komet Halley nanti akan jauh lebih baik daripada yang terjadi pada 1986, karena komet akan berada di sisi Matahari yang sama dengan Bumi.

Komet ini pertamakali terlihat pada tahun 240 SM, seperti yang tertulis dalam teks sejarah Cina yang disebut Records of the Grand Historian. Beberapa bukti dari Pliny the Elder bahwa komet Halley juga terlihat selama Yunani kuno antara 468-466 SM.

Pada tahun 1705, seorang teman Isaac Newton dan sesama astronom Inggris Edmond Halley menerbitkan sebuah makalah tentang komet berjudul Synopsis of the Astronomy of Comets. Di dalamnya, ia menjelaskan bahwa tiga penampakan komet yang berbeda sebenarnya kembali setiap 75 hingga 76 tahun.

Komet Halley menjadi komet pertama yang diakui sebagai komet periodik dan dinamai Halley pada tahun 1759 oleh astronom Prancis Louis de Lacaille. Setiap kali Komet Halley mendekati matahari, es yang menutupi permukaannya mencair untuk menciptakan atmosfer yang membentang sekitar 100.000 kilometer.

Namun, pada akhirnya, hembusan angin matahari menyebabkan atmosfer ini berubah menjadi ekor panjang komet. Terakhir kali komet Halley teramati di langit Bumi adalah pada tahun 1986. Kemunculan di tahun 1986 merupakan kemunculan pertama Halley di era modern. Kala itu, para astronom berbondong-bondong mengamati komet Halley.

Kapan Komet Halley muncul lagi? Menurut informasi dari Departemen Astronomi dan Fisika Universitas Michigan, AS, komet Halley akan kembali ke tata surya bagian dalam, lalu melintasi Bumi, pada tahun 2061 mendatang, atau sekitar 39 tahun lagi.

Di tahun 2061 mendatang, komet Halley akan muncul di langit timur saat pagi selama bulan Juni-Juli, jarak terdekat komet Halley dengan Bumi akan dicapai pada tanggal 29 Juli 2061, lalu akan berpindah muncul di langit barat selama bulan Juli-Agustus.

Sumber: Bisnis (BIG Media) & Infoastronomy
#misteri #sians #konspirasi #antariksa #komethalley #2061 #tahun2061 #komethalley2061 #HalleyComet #EdmondHalley

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikInformasi MenarikWowSeduniaLife HackPeristiwa
+