× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

KEUTAMA'AN PUASA RAMADHAN HARI KE - 1 SAMPAI HATI KE - 30

بسم الله الرحمن الرحيم


Ada beberapa keutama'an ketika umatnya melaksanakan Puasa Ramadhan dari hari ke - 1 hingga hari ke - 30. Diambil dari Kitab shahih yang telah di "Tahqiq", yaitu kitab Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah yang di tulis oleh Syeikh Muhammad bin Ali bin Husein bin Musa bin Babawayh Al-Qumi mengatakan bahwa:
Hari ke - 1:
Allah سبحا نه و تعالى akan mengampuni semua dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan beribu-ribu derajat, membangun lima puluh ribu kota di syurga untuk orang yang berpuasa.
Hari ke - 2:
Allah سبحا نه و تعالى mencatat setiap ibadah orang yang berpuasa seperti ibadah satu tahun dan pahalanya seperti pahala seorang Nabi, mencatat puasa kita seperti puasa satu tahun.
Hari ke - 3:
Allah سبحا نه و تعالى akan memberikan kepada orang yang berpuasa taman permata yang indah di syurga Firdaus, di atasnya dua belas ribu rumah dari cahaya, di bawahnya dua belas ribu tempat tidur dan di setiap tempat tidur ada bidadari, setiap hari seribu Malaikat berkunjung dan setiap Malaikat membawa hadiah untuk orang yang berpuasa.
Hari ke - 4:
Allah سبحا نه و تعالى akan memberikan syurga Khuld kepada orang yang berpuasa, tujuh puluh ribu istana dan di setiap istana terdapat tujuh puluh ribu rumah, di setiap rumah terdapat lima puluh ribu tempat tidur dan di setiap tempat tidur terdapat bidadari dan setiap bidadari memiliki seribu perhiasan yang lebih baik dari dunia dan segala isinya.
Hari ke - 5:
Allah سبحا نه و تعالى akan memberikan kalian di syurga Al-Ma'wa beribu-ribu kota. Setiap kota terdapat seribu rumah, dimana di setiap rumah terdapat seribu meja makan, di atas setiap meja makan terdapat tujuh puluh ribu tempat makanan, di setiap tempat makanan terdapat tujuh puluh macam makanan yang tidak sama satu dengan yang lain.
Hari ke - 6:
Allah سبحا نه و تعالى akan memberikan seratus ribu kota di syurga Darus Salam, di setiap kota terdapat seratus perkampungan, di setiap perkampungan terdapat seratus ribu rumah, di setiap rumah terdapat seratus ribu tempat tidur dari emas yang panjang. Setiap tempat tidur panjangnya seribu hasta, di atas tempat tidur terdapat bidadari sebagai pasangan yang berhias dengan tiga puluh ribu perhiasan dari permata putih dan permata merah, dan setiap bidadari membawa seratus pelayan.
Hari ke - 7:
Allah سبحا نه و تعالى akan memberikan kalian pahala seperti pahala seribu syuhada' dan empat puluh ribu orang yang benar di surga Na'im.
Hari ke - 8:
Allah سبحا نه و تعالى akan memberikan pahala seperti pahala amal enam puluh ribu ahli ibadah dan enam puluh ribu orang yang zuhud.
Hari ke - 9:
Allah سبحا نه و تعالى akan memberikan kalian apa yang diberikan kepada seribu ulama, seribu orang yang i'tikaf, dan seribu orang yang menyambung tali persaudara'an.
Hari ke - 10:
Allah سبحا نه و تعالى memenuhi tujuh puluh ribu hajat, dan memohonkan ampunan untuk kalian matahari, bulan, bintang-bintang, binatang yang melata, burung, binatang buas, setiap bebatuan dan bongkahan tanah liat, setiap yang kering dan yang basah, setiap binatang di laut dan dedaunan di pepohonan.
Hari ke - 11:
Allah سبحا نه و تعالى mencatat untuk kalian pahala seperti pahala empat kali orang yang haji dan umrah, setiap yang haji bersama seorang Nabi, dan setiap yang umrah bersama orang yang benar dan yang syahid.
Hari ke - 12:
Allah سبحا نه و تعالى menjadikan bagi kalian keimanan yang dapat merubah keburukan-keburukan menjadi kebaikan-kebaikan yang berlipat-ganda, dan mencatat bagi kalian setiap kebaikan seribu kebaikan.
Hari ke - 13:
Allah mencatat bagi kalian pahala seperti pahala ibadah penduduk Mekkah dan Madinah, dan Allah memberi kalian syafa'at sejumlah bebatuan dan bongkahan tanah liat yang ada di antara Mekkah dan Madinah.
Hari ke - 14:
Kalian seperti berjumpa dengan Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Daud dan Sulaiman, dan seperti beribadah kepada Allah bersama setiap Nabi selama dua ratus tahun.
Hari ke - 15:
Allah سبحا نه و تعالى menunaikan untuk kalian hajat-hajat dunia dan akhirat, memberikan kalian apa yang diberikan kepada Nabi Ayyub; para Malaikat pemikul Arasy memohonkan ampunan untuk kalian. Dan pada hari kiamat, Allah akan memberikan kalian empat puluh cahaya, sepuluh cahaya dari sebelah kanan kalian, sepuluh dari sebelah kiri kalian, sepuluh dari depan kalian, dan sepuluh cahaya dari belakang kalian.
Hari ke - 16:
Allah سبحا نه و تعالى akan memberikan kalian pada hari kalian dibangkitkan dari kubur enam puluh pakaian untuk kalian pakai, enam puluh onta untuk kalian kendarai, dan akan Allah سبحا نه و تعالى mengirimkan awan untuk menaungi kalian dari sengatan panas pada hari itu.
Hari ke - 17:
Allah سبحا نه و تعالى menyatakan: "Sungguh Aku telah mengampuni mereka dan bapak-bapak mereka, Aku akan lindungi mereka dari azab hari kiamat."
Hari ke - 18:
Allah سبحا نه و تعالى memerintahkan Malaikat Jibril, Mikail, Israfil, Malaikat pemikul Arasy dan Al-Karubin agar memohonkan ampunan untuk umat Muhammad ﷺ‎ sampai tahun berikutnya, dan Allah سبحا نه و تعالى akan memberikan kalian pahala para syuhada' Badar.
Hari ke - 19:
Semua Malaikat langit dan bumi meminta izin kepada Rabb-Nya untuk berziarah ke kuburan kalian setiap hari, dan setiap Malaikat membawa hadiah dan minuman untuk kalian.
Hari ke - 20:
Pada suatu hari Allah سبحا نه و تعالى mengutus kepada kalian tujuh puluh Malaikat untuk menjaga kalian dari setiap setan yang terkutuk; Allah mencatat untuk kalian setiap hari kalian puasa seperti berpuasa seratus tahun; menjadikan parit antara kalian dan neraka; memberi kalian pahala orang yang termaktub dalam Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qu'an; Allah mencatat untuk kalian setiap pena Jibril (عليه السلام) sebagai ibadah satu tahun; memberikan pada kalian pahala tasbih Arasy dan Kursi; dan memberi pasangan untuk kalian setiap ayat Al-Qur'an seribu bidadari.
Hari ke - 21:
Allah سبحا نه و تعالى akan meluaskan kuburan kalian seribu farsakh, menghilangkan dari kalian kegelapan dan kesepian, menjadikan kuburan kalian seperti kuburan para syuhada', dan menjadikan wajah kalian seperti wajah Yusuf bin Ya'qub (عليه السلام).
Hari ke - 22:
Allah سبحا نه و تعالى akan mengutus kepada kalian Malaikat Maut seperti pada para Nabi ﷺ‎, menyelamatkan kalian dari keganasan Malaikat Munkar dan Nakir, dan menghilangkan dari kalian penderita'an dunia dan akhirat.
Hari ke - 23:
Kalian akan melintasi Jembatan Shirathal mustaqim bersama para Nabi, shiddiqin dan syuhada', dan pahala kalian seperti memberi makanan kepada setiap anak yatim dari ummatku dan seperti memberi pakaian kepada setiap yang telanjang dari ummatku.
Hari ke - 24:
Kalian tidak akan keluar dari dunia kecuali kalian melihat kedudukannya di syurga. Setiap kalian diberi pahala seribu orang yang sakit, seribu pahala orang yang merantau untuk mentaati Allah, dan kalian diberi pahala seribu pembebasan dari keturunan Nabi Ismail (عليه السلام).
Hari ke - 25:
Allah سبحا نه و تعالى membangunkan untuk kalian di bawah Arasy seribu menara hijau, dimana di atas setiap menara terdapat kemah dari cahaya. Allah سبحا نه و تعالى berfirman:
"Wahai umat Muhammad, Aku adalah Rabb dan kalian adalah hamba-Ku, bernaunglah kalian di bawah Arasy-Ku di menara-menara ini, makan dan minumlah sepuas kalian, jangan takut dan jangan sedih; wahai ummat Muhammad, demi kemulia'an dan keagungan-Ku, Aku akan mengirim kalian ke syurga, kalian akan dibanggakan oleh orang-orang yang terdahulu dan yang terakhir, Aku akan memberikan pada setiap kalian seribu mahkota dari cahaya, kendaraan onta yang Kuciptakan dari cahaya, tali kendalinya dari cahaya dan pada tali kendali itu terdapat seribulingkaran yang terbuat dari emas, dan pada setiap lingkaran berdiri malaikat, dan setiap Malaikat memegang tongkat dari cahaya sehingga kalian memasuki syurga tanpa dihisab."
Hari ke - 26:
Allah سبحا نه و تعالى akan memandang kalian dengan kasih sayang-Nya, kemudian mengampuni semua dosa kalian kecuali sogokan dan hartanya; Allah سبحا نه و تعالى akan mensucikan rumah kalian setiap hari tujuh puluh ribu kali dari ghibah dan dusta.
Hari ke - 27:
Kalian seperti menolong setiap mukmin dan mukminah, memberikan pakaian pada tujuh puluh ribu orang yang terlanjang, membantu seribu orang yang menjalin tali persaudara'an; kalian seperti membaca semua kitab yang diturunkan oleh Allah kepada para Nabi-Nya.
Hari ke - 28:
Allah سبحا نه و تعالى akan menjadikan bagi kalian di syurga Al-Khuld seratus ribu kota dari cahaya, memberi kalian di syurga Al-Ma'wa seratus ribu istana dari perak; memberi kalian di syurga Al-Jalal tiga ratus ribu mimbar (tempat yang tinggi) yang terbuat dari misik, di setiap mimbar seribu rumah dari za'faran.
Hari ke - 29:
Allah سبحا نه و تعالى akan memberikan kalian beribu-ribu kediaman dan di setiap kediaman terdapat menara putih, di setiap menara terdapat tempat tidur dari kafur putih dilengkapi dengan seribu permadani dari sutera hijau. Di setiap permadani disiapkan bidadari yang dihiasi dengan tujuh puluh ribu hiasan, di kepalanya seribu hiasan dari permata.
Hari ke - 30:
Allah سبحا نه و تعالى akan mencatat bagi kalian setiap hari sebelumnya pahala seribu syuhada' dan seribu orang yang benar; Allah mencatat bagi kalian seperti beribadah lima puluh tahun; Allah mencatat bagi kalian untuk setiap hari seperti puasa dua ribu hari, dan mengangkat derajat kalian.
Sumber Kitab Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah.
Semoga bermanfa'at

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaViralInspirasiPendidikanDiskusi
+