× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

SPACEX DAN NASA LUNCURKAN SATELIT UNTUK DITABRAKKAN KE ASTEROID

SpaceX dan NASA berencana meluncurkan satelit dan menabrakannya langsung ke asteroid. Rencana ini dijadwalkan akan berlangsung pada Selasa (23/11/2021) pukul 22.21 waktu setempat.


Melansir dari hypebeast.com (21/11/2021), SpaceX dan NASA akan meluncurkan roket Falcon 9 milik SpaceX untuk menjalani proyek Double Asteroid Redirection Test (DART) yang diusung NASA. Tujuan dari proyek ini adalah untuk melihat apakah menabrakkan satelit ke asteroid dapat mengubah arah asteroid tersebut. Jika eksperimen ini berhasil, maka diharapkan kejadian asteroid menabrak Bumi yang menyebabkan dinousaurus hilang seperti dulu tak terulang lagi.


Adapun asteroid yang menjadi target eksperimen kali ini adalah asteroid tipe biner yang dijuluki Didymos atau yang berarti kembar dalam bahasa Yunani. Didymos A lebarnya lebih kurang 780 meter, sedangkan Didymos B yang mengorbit pada Didymos A memiliki ukuran sekitar 160 meter.


Kedua asteroid tersebut diperkirakan akan melewati Bumi pada 2022 dan berputar kembali pada 2024. Sebenarnya, di kedua perjalanan itu Didymos A dan B tak akan menghantam Bumi, tetapi SpaceX dan NASA yakin asteroid ini dapat menjadi sampel yang bagus untuk melakukan percobaan.


Sejauh ini, NASA telah mengidentifikasi 23 objek yang berpotensi menabrak Bumi dalam satu abad ke depan. Karena itu, melakukan persiapan untuk menghadapi ancaman tersebut menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.


#spacex #nasa #luar #angkasa #elon #roket #astronomi #astrologi #wow

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowITastronomi astrologi spacex nasa astronot ViralTeknologiBerita
+