× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
9 0 0 0 0 0
9
   ic_mode_light.png

Chopine Sepatu Unik Abad 15-17an

Sepatu jenis chopine adalah sepatu dengan tatakan yang dipakai oleh kaum wanita pada Abad ke-15, 16, dan 17. Dasar sepatu itu terbuat dari platform kayu yang sangat tinggi dengan maksud agar pakaian pemakainya terlindung dari lumpur dan debu jalanan.


Sepatu jenis itu menjadi populer di Venesia, Italia, dan dipakai oleh kaum perempuan ningrat maupun wanita penghibur kelas atas.


Ukuran chopine dibuat sesuai dengan status pemakainya. Ketika platformnya dibuat sangat tinggi, itu berarti penggunanya seorang dengan status sosial yang tinggi.


Kaki wanita pemakainya dipasangkan ke platform menggunakan tali yang terbuat dari kulit atau sutra.


Ketika sedang memakai sepatu tersebut, wanita pemakainya perlu ditopang oleh dua pelayan atau suami mereka.


Dikutip dari The Vintage News pada Selasa (18/4/2017), pada Abad ke-15, peraturan Venesia membatasi tingginya menjadi hanya 7,5 centimeter, tapi aturan itu diabaikan.


Sepatu tinggi itu seringkali dibuat agar sepadan dengan pakaian yang dipakai dan bagian atasnya selalu tersembunyi di bawah gaun. Yang menarik, wanita pemakaiya jadi goyah dan berjalan dengan cara sangat lucu.


Fabritio Caroso, seorang penari kawakan, menuliskan bahwa jika seorang wanita cukup berlatih cara menggunakan sepatu tersebut, ia seharusnya bisa bergerak dengan anggun dan cantik, bahkan bisa menari -- meski tak  diketahui bagaimana caranya itu bisa dilakukan. source Liputan6


#unik #sepatu #wow

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowLife StyleFakta UnikInformasi Menarik
+