× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
5 0 0 0 0 0
5
   ic_mode_light.png

Syrinx Aruanus, Siput Laut Terbesar Di Dunia Yang Hidup Di Perairan Sekitar Australia

'Syrinx Aruanus' adalah siput terbesar yang diketahui di dunia milik keluarga gastropoda. Ini banyak diburu karena cangkangnya yang berbentuk 'terompet' raksasa.

Seekor siput laut raksasa yang dikenal seperti Terompet Palsu 'Syrinx Aruanus' atau terompet Australia, ditemukan di tepi sungai Godavari di desa Uppada, Andhra Pradesh, India. Siput ini dilelang dengan harga Rs 18.000 atau Rp3,5 juta.

Siput ini begitu populer karena bisa menjadi ornamen, atau spesimen untuk hadiah, bahkan ia menjadi koleksi langka di antara peselancar laut. Spesies ini memiliki cangkang besar atau karang gorgonian yang menutupi tubuhnya yang berukuran hingga 15 cm.

Untuk diketahui 'Syrinx Aruanus' merupakan siput terbesar di dunia dari famili gastropoda. Ini banyak diburu karena cangkangnya yang besar serta dagingnya yang dapat dimakan. Spesies ini memakan cacing polychaete atau bintang laut dan dapat tumbuh hingga 91 cm (atau 35 inci), dengan berat hingga 18 kilogram.

Meskipun spesies langka ini kebanyakan ditemukan di bagian utara Australia, termasuk Indonesia bagian timur dan Papua Nugini, spesies ini terdampar di sungai di distrik Godavari Timur, cuitan dari ANI.

Kerang terompet Australia ini salah satu yang terbesar di dunia dan juga penting secara ritual di antara budaya Hindu karena secara tradisional digunakan untuk membuat Shankhas, alat tiup.

Sementara Syrinx Aruanus adalah spesies langka yang terlihat di pantai, banyak spesies siput lain yang mudah terlihat di darat seperti siput tanah Bermuda yang lebih besar didorong ke kepunahan di habitat aslinya, hampir sepenuhnya menghilang pada tahun 2014 sebelum populasi ditemukan dan dibesarkan di penangkaran di Inggris.

Di New South Wales Australia, di antara spesies invertebrata yang terdaftar dalam daftar terancam punah, setidaknya ada tujuh spesies siput darat dan satu komunitas siput darat hanya ditemukan di Sydney barat di ekosistem Cumberland Plain Woodland.

Siput terindah di dunia yang dikenal sebagai siput dicat Kuba (atau Polymita Picta) “sangat terancam punah” karena perdagangan ilegal karena banyak dicari oleh para kolektor karena teksturnya yang indah, pola kompleks pada cangkangnya, dan berbagai jenis keong yang hidup.

Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang Terancam Punah (CITES) melarang perdagangan cangkangnya pada tahun 2017 setelah keenam spesies siput terindah di dunia terancam oleh manusia.

Siput laut juga merupakan makhluk laut pertama yang secara resmi terancam punah oleh penambangan laut dalam. Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) menambahkan siput bersisik yang hidup di dekat ventilasi termal ke dalam Daftar Merah spesies yang terancam punah pada Juli 2019.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikFlora dan FaunaWowViralInformasi Menarik
+