× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×
0 0 0 0 0 0
0
   ic_mode_light.png

Mengamati Alamat MAC di Laptop

Setiap unit yang dapat terhubung ke jaringan memiliki alamat khusus yang disebut Alamat MAC. Bagaimana Anda melihat tekniknya? 

MAC Address sendiri merupakan susunan alamat khusus yang digunakan sebagai representasi dari node tertentu dalam suatu jaringan sehingga dapat saling berkomunikasi. Setiap port, baik itu LAN maupun WiFi, akan memiliki alamat yang berbeda sehingga perangkat dapat dikenali satu per satu. 
 
Untuk pengguna biasa, Alamat MAC tidak harus diketahui karena bukan alamat IP yang lebih umum digunakan. Meski begitu, bukan berarti MAC Address tak kalah pentingnya untuk diketahui. 
 
Jika Anda adalah orang yang selalu "membobol" perangkat Anda, Alamat MAC sering ditemukan terutama saat mengatur router jaringan untuk memblokir perangkat yang tidak dikenal atau memasukkan perangkat utama Anda ke daftar putih. 
 
Nah, untuk itu ada beberapa tips untuk mengamati alamat MAC pada laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan Alamat MAC pribadi Anda untuk perangkat Anda. 


Cara Cek MAC Address

Lewat CMD



  • Jalankan Command Prompt melewati menu start cuma dengan mencari cmd.

  • Setelah terbuka, ketik ipconfig / all dan tekan enter untuk memasukkan perintah.

  • Kemudian segala informasi tentang alamat IP hendak muncul dan Kamu cuma butuh mencari baris Alamat Fisik dari adaptor yang digunakan.


Mudah kan? Dengan memandang alamat MAC ini, kini Kamu tak mesti repot mencari alamat IP disaat ingin memasukkan unit pribadi Kalian ke dalam daftar putih jaringan tempat tinggal atau whitelist lainnya. Tidak Hanya unit komputer, alamat MAC juga bisa ditemui di unit lain, termasuk smartphone. 

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaGadget
+