• brand.png
  • cari.png
  • login.png
× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] Selamat datang di GARAPS bagikan informasi menarik di sekitar Anda ke seluruh Dunia! #infodunia #duniaGaraps #artikelompok #majol #olmag #medukasi #sedunia [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list2.png Artikel   view_list1.png Berita   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita
×
  • url:
×
×
×
4 0 0 0 0 0
4
   ic_mode_dark.png

Bunga Tapak Dara, Cantik Bunganya Banyak Khasiatnya!

Indonesia adalah negara tropis dimana terdapat banyak jenis flora dan fauna di dalam wilayahnya. Namun dari ribuan jenis itu, baru sedikit yang telah diteliti khasiatnya.

Banyak artikel hoax yang menyebutkan banyaknya kegunaan dari tumbuhan atau tanaman di Indonesia, kebanyakan hanya mitos, resep turunan, bahkan hanya berupa keyakinan manusia yang menimbulkan efek placido.

Memang nyatanya, sebagian besar tumbuhan yang ada di Indonesia belum diteliti, namun sudah disebarkan “artikel ngarang”, bahkan hanya menjadi hoax yang disebarkan di internet dan media sosial secara luas, mirip kutu Jepang yang diyakini memberikan banyak manfaat.

Semua tumbuhan memang ada khasiatnya, namun karena banyak jumlahnya, maka sebagian besar yang ada di Indonesia memang belum diteliti secara sains tentang apa yang ada di dalamnya, baik itu zat yang berguna bagi tubuh ataupun yang justru, dapat menjadi penyakit!

Entah mengapa bunga yang satu ini dinamakan tapak dara, mungkin karena kelopak bunganya yang seperti tapak kaki burung dara? Kebanyakan tanaman hias yang satu ini memiliki dua jenis bunga, yaitu berwarna putih dan merah.

Tapak Dara bernama latin Catharanthus roseus, adalah perdu tahunan yang berasal dari Madagaskar, namun telah menyebar ke berbagai daerah tropika lainnya.

Di Indonesia tumbuhan hias pekarangan ini dikenal dengan bermacam-macam nama diantaranya: sindapor (Sulawesi), kembang tembaga (bahasa Sunda), dan kembang tapak dårå (bahasa Jawa, baca: tapak doro).

Orang Malaysia mengenal bunga ini dengan nama kemunting cina, pokok rumput jalang, pokok kembang sari cina, atau pokok ros pantai.

Sedangkan di Filipina, tumbuhan ini dikenal sebagai tsitsirika, di Vietnam sebagai hoa hai dang, di Cina dikenal sebagai chang chun hua, di Inggris sebagai rose periwinkle, dan di Belanda sebagai soldaten bloem.

Selain itu nama lain Tapak Dara di beberapa negara juga dikenal, diantaranya disebut sebagai: Madagascar periwinkle, rosy periwinkle, noyon tora, sadaphuli, boa-noite, maria-sem-vergonha, vinca-de-madagáscar, vinca-de-gato, vinca-branca, vinca del Cabo, vinca rosa, inca rosada, putica, nithyakalyani, Barmasi, İzmir Güzeli, dan Dhafnaki.

Kandungan Tapak Dara: Anti Oksidan, Anti Kanker hingga Zat Racun

Tanaman dengan bunganya yang cantik ini ternyata mengandung banyak khasiat sebagai obat. Tumbuhan “canggih” ini memiliki zat bernama Rosendin adalah pigmen antosianidin (anthocyanidin) yang ditemukan dalam bunganya.

Juga terdapat zat bernama Vincristine, yaitu sebagai obat kemoterapi yang digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker, juga ditemukan dalam tanaman ini. Bunga dan daunnya berpotensi menjadi sumber obat untuk leukemia dan penyakit Hodgkin.

Pada akar, batang, daun dan biji bunga tapak dara memiliki kandungan alkaloid yang bersifat anti-kanker. Kandungan alkaloid diantaranya vinblastine (VLB), vincristien (VCR), leurosine (LR), vin cadioline, leurodisibe, catharanthine, reserpine, ajmalicine dan serpentine.

Sedangkan alkaloid yang dapat menurunkan kadar gula yaitu leurosine, catharantine, lochnerine, tetra-hydroalstonine vindoline, vindolinine, norharman, lochnerine, akuammine, vincamine, vinleurosin, dan vinrosidin. Berbagai alkaloid ini beracun.

Tanda-tanda keracunan tapak dara adalah demam, loyo, dan muntah-muntah dalam tempo 24 jam. Tanda-tanda yang lain adalah neuropati, kehilangan refleks tendon, berhalusinasi, koma, dan kematian.


Khasiat Tumbuhan Tapak Dara


Tanaman hias yang satu ini yang memiliki dua jenis bunga yaitu berwarna putih dan merah ini, berkhasiat untuk mengobati:


Diabetes Mellitus
Hipertensi
Leukimia
Asma
Bronkhitis
Demam
Radang Perut / Disentri
Anemia (Kurang Darah)
Tangan Gemetar (Parkinson)
Gondok (Gondong)
Batu Ginjal
Bengkak / Bisul
Luka / Borok
Luka Bakar,
Haid tidak teratur,
Kanker Payudara,
Kanker Rahim,
dan Kanker lainnya

Berikut ini kami berikan cara pemakaian tapak dara yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

1. Diabetes mellitus (kencing manis)

a. Cara pertama:

6 lembar daun tapak dara dan 15 kuntum bunga tapak dara, dicuci hingga bersih lalu direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian disaring. Air rebusannya diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

b. Cara kedua:

10-16 lembar daun tapak dara direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas, lalu didinginkan. Air rebusannya diminum jika sudah dingin dan lakukan secara teratur.

c. Cara ketiga

35-45 gr daun tapak dara kering dan adas pulawaras secukupnya direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin diminum dan lakukan secara teratur.

d. Cara keempat

3 lembar daun tapak daradan 15 kuntum bunga tapak dara direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin diminum 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore setelah makan.

2. Hipertensi

a. Cara pertama

15 gr daun atau bunga tapak dara direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc air dan biarkan beberapa saat, kemudian disaring. Air saringannya diminum menjelang tidur.

b. Cara kedua

15-20 gr daun tapak dara kering dan 10 gr bunga krisan direbus dengan 21/2 gelas air sampai mendidih lalu disaring. Air saringannya diminum setiap sore.

3. Leukimia

20-25 gr daun atau kuncup bunga tapak dara direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tersisa setengahnya lalu disaring. Air rebusannya diminum 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

4. Asma dan bronkhitis

1 potong bonggol akar tapak dara direbus dengan 5 gelas air sampai mendidi lalu disaring. Air rebusannya diminum 3 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

5. Demam

1 genggam daun tapak dara (kira-kira 12-20 gr), beserta 3 potong batang dan akar tapak dara direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih, dan tersisa menjadi 1 1/2 gelas. Kemudian tambahkan gula air secukupnya. Setelah itu, air rebusannya diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

6. Radang perut atau disentri

15-30 gr daun tapak merah direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tambahkan gula kelapa secukupnya. Air rebusannya diminum 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.
7. Kurang darah (anemia)

4 putik bunga tapak dara direndam dengan 1 gelas air, kemudian disimpan di luar rumah dalam semalaman. Airnya diminum pada pagi hari dan dilakukan secara teratur.

8. Tangan gemetar

4-7 lembar daun tapak dara diseduh dengan 1 gelas air panas kemudian disaring. Air seduhannya diminum sekaligus.

9. Gondong, bengkak, bisul dan borok

1 genggam daun tapak dara ditumbuk sampai halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.

10. Luka bakar

Beberapa daun tapak daran dan 1/2 genggam beras, direndam dengan air lalu ditumbuk sampai halus. Kemudian tempelkan ramuan tersebut pada luka yang terbakar.

11. Haid tak teratur

Akar tapak dara secukupnya dicuci hingga bersih lalu direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin kemudian disaring. Air saringannya diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

12. Mengobati kanker

15 gr tapak dara segar, 30-60 gr daun pepaya segar, 30 gr daun bayam merah, 30 gr rumput mutiara, dan 700 cc air. Semua bahan direbus hingga mendidih dan airnya tersisa menjadi 300 cc. Kemudian saring dan tambahkan madu secukupnya. Rebusan tersebut diminum 3 kali sehari sebanyak 100 cc. Namun jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter.

13. Mengobati kanker payudara

6-15 gr tapak dara kering, direbus dengan 40 cc air hingga airnya tersisa 200 cc, lalu disaring. Air tersebut diminum 3 kali sehari secara teratur.

14. Mengobati kanker rahim

15 gr bunga tapak dara, 30 gr rumput lidah ular, dan 600 cc air. Semua bahan direbus hingga mendidih hingga tersisa 20 cc lalu disaring. Airnya diminum sekaligus secara teratur.

15. Mengobati batu ginjal

10 gr daun tapak dara, 30 gr daun kejibeling, dan 15 gr daun tempuyung direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian disaring. Airnya diminum 2 kali sehari.

Deskripsi Tapak Dara

Perdu kecil yang berusia tahunan ini berasal dari Amerika Tengah. Tumbuh baik mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Tumbuhan ini menyukai tempat-tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari, tapi tak menutup kemungkinan bisa tumbuh juga di tempat yang agak terlindung dari sinar matahari.

Habitat perdu ini tumbuh menyamping, dengan tinggi tanaman bisa mencapai 0,2-1 meter.

Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau, tersusun menyirip berselingan. Panjang daun sekitar 2-6 cm, lebar 1-3 cm, dan tangkai daunnya sangat pendek. Batang dan daunnya mengandung lateks berwarna putih.

Bunganya aksial (muncul dari ketiak daun), memiliki kelopak bunga kecil berbentuk paku. Mahkota bunga berbentuk terompet, ujungnya melebar, berwarna putih, biru, merah jambu atau ungu tergantung kultivarnya. Buahnya berbentuk gilig (silinder), ujung lancip, berambut, panjang sekitar 1,5 – 2,5 cm, dan memiliki banyak biji.

Bagaimana Cara Budidaya Tanaman Tapak Dara?

Tumbuhan ini tidak tahan terhadap pemangkasan besar dan dapat mati karenanya. Tapak dara biasanya diperbanyak dengan bijinya yang lembut.

a. Tanam di dalam pot

Caranya, sediakan biji-biji yang tua, lalu semaikan pada suatu tempat persemaian. Masukkan biji ke dalam tanah, lalu tutup dengan lapisan tanah setipis tebal bijinya dan rajinlah menyiram.

Bila biji-biji mulai tumbuh, dan tingginya sudah mencapai sekitar 15 – 20 cm, umumnya dapat dipindahkan ke tempat yang diinginkan.

Jika ingin ditanam dalam pot, tentu perlu disiapkan pot dan media tanamnya.

Pot bisa dari tanah liat, semen, atau kaleng bekas. Media tanamnya berupa campuran tanah subur, kompos, dan pupuk kandang (2 : 1 : 1).

Bibit langsung ditanam dan setelah itu diletakkan di tempat teduh. Setelah sekitar satu minggu kemudian, ditempatkan tumbuhan ini di tempat terbuka.

b. Tanam di tanah / kebun

Sedangkan jika ingin ditanam di kebun pekarangan, perlu dibuat lubang tanah berukuran 15 x 151 x 15 cm, dengan jarak di antara lubang 50 cm.

Tiap lubang diberi pupuk kandang atau kompos sebanyak 1,5 kg. Masukkan bibit ke dalam lubang, lalu timbun dengan tanah dan siram.

Untuk perawatannya, tapak dara tidak menuntut perawatan khusus. Asal disiram dan diberi pupuk, sudah cukup.

Pada awal pertumbuhan, gunakan pupuk yang kandungan nitrogennya tinggi, atau pupuk daun yang disemprotkan pada permukaan bawah daun di pagi hari.

c. Untuk Hasil Terbaik

Selain menggunakan pupuk kandang, untuk hasil terbaik, pastikan tanah agak basah selalu, dan tumbuhan terpapar sinar matahari, karena dengan terkena langsung sinar matahari maka batang dan daun tumbuhan ini akan lebat dan lebih sehat.

Jika tak terkena sinar matahari, maka tumbuhan ini akan mencari sinar matahari, hal ini membuktikan bahwa tumbuhan ini memang membutuhkan terik sinar matahari langsung, dan jika tak terpapar sinar matahari maka tumbuhan ini akan memiliki batang yang kecil dan daun yang lebih tipis bahkan terkadang agak pucat.

Kemudian, ketika tanaman mulai berbunga, untuk merangsang pembungaan, dapat digunakan pupuk yang memiliki kandungan fosfor tinggi. Nah, jika rajin merawat, tentulah dijamin tapak dara akan berbunga sepanjang tahun.

Selamat mencoba.

(sumber: Wikipedia dan Buku Apotek Hidup dari Rempah-rempah, Tanaman Hias dan tanaman Liar)

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikInformasi MenarikFlora dan FaunaTrik dan tipsWowLife HackKesehatan
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_dark.png night
× rexpos
    ic_posgar2.png wa.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_dark.png ic_other.png
+
×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
 Cosmos atrosanguineus, Bunga Unik Beraroma Coklat

Cosmos atrosanguineus, Bunga Unik Beraroma Coklat

Aneka bunga-bungaan ternyata tak cuma cantik dipandang dan dijadikan penghias ruangan saja. Namun ad...[±423 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
 Ceceran Sperma Tertua di Dunia, Usianya 100 Juta Tahun

Ceceran Sperma Tertua di Dunia, Usianya 100 Juta Tahun

Tim peneliti mengumumkan telah menemukan sperma hewan tertua di dunia. Para ilmuwan menemukan sperma...[±557 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
RAHASIA RASULULLAH MEMATIKAN LAMPU KETIKA HENDAK TIDUR

RAHASIA RASULULLAH MEMATIKAN LAMPU KETIKA HENDAK TIDUR

RAHASIA RASULULLAH MEMATIKAN LAMPU KETIKA HENDAK TIDUR(Ilmu Agama itu lebih utama daripada duit dan...[±471 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
Manfaat Srikaya Buat Kesehatan

Manfaat Srikaya Buat Kesehatan

Berikut ini Manfaat Srikaya Buat Kesehatan1. Mengobati AsmaPenyakit yang satu ini menjadi momok bagi...[±581 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
Manfaat tanaman meniran

Manfaat tanaman meniran

Apakah anda pernah menemui atau mendengar nama daun meniran? Tentu saja jika anda hidup dan berada d...[±1632 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
×
    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
Bule Asal Italia Antonino Salerno Rilis Lagu Minang

Bule Asal Italia Antonino Salerno Rilis Lagu Minang

PADANG – Belantika musik Minang sedang dibikin heboh dengan beredarnya sebuah video di media sos...[±249 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
×
    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
PT PIL dengan PT Gapura Angkasa Tandatangani MoU

PT PIL dengan PT Gapura Angkasa Tandatangani MoU

BANDUNG - Untuk memberi fasilitas dan memastikan layanan dalam memenuhi kebutuhan klien, PT Pindad...[±265 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
×
    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
Kerjasama BKKBN-TNI Erat, Percepatan Penurunan Prevalensi Stunting Optimistis Capai Target

Kerjasama BKKBN-TNI Erat, Percepatan Penurunan Prevalensi Stunting Optimistis Capai Target

JAKARTA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memberikan apresiasi Tentara...[±748 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
×
    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
Data Logger Membantu Melestarikan Air Saké Untuk Masyarakat Jepang

Data Logger Membantu Melestarikan Air Saké Untuk Masyarakat Jepang

Hanya dua bahan yang diperlukan untuk membuat anggur beras tradisional Jepang, Saké: nasi dan air....[±593 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:

Simple, Sejoli Tak gengsi Nikah Hanya di KUA, Beberkan Biaya Murah Meriah Publik Auto Iri

Pasangan suami istri bagikan pengalaman menikah sederhana mereka yang hanya di Kantor Urusan Agama (...[±297 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
Kehidupan kita di dunia hanyalah tamu

Kehidupan kita di dunia hanyalah tamu

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. .Kehidupan kita di dunia hanyalah tamu.karena tamu, mak...[±242 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
×
    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
Online Workshop Smart PLS Minggu, 01 Oktober 2022

Online Workshop Smart PLS Minggu, 01 Oktober 2022

Online Workshop Smart PLS Minggu, 01 Oktober 2022 Info Secara Lengkap Tentang Online Workshop Smart...[±38 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
CARA MENGOBATI SARIAWAN

CARA MENGOBATI SARIAWAN

Rasanya hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya sariawan. Entah itu di pipi dalam, bibir,...[±1433 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
MANFAAT KENIKIR (RANDA MIDANG)`

MANFAAT KENIKIR (RANDA MIDANG)`

Tanaman Ini Mampu Bunuh 98% Sel Kanker Hanya dalam 16 Jam.Menurut penelitian yang diterbitkan oleh L...[±793 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
Berbagai Manfaat Bunga Telang untuk kesehatan

Berbagai Manfaat Bunga Telang untuk kesehatan

===============================Bunga telang merupakan bunga yang memiliki warna biru keunguan. Bunga...[±1201 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
Polisi Pulangkan Penjual Es di Madiun Yang Diduga Hacker Bjorka

Polisi Pulangkan Penjual Es di Madiun Yang Diduga Hacker Bjorka

Seorang pemuda asal Madiun, Muhammad Agung Hidayatullah (21) sempat diamankan polisi lantaran diduga...[±208 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
Cara Belajar Hacker Pro Ala "Hacker Bjorka"

Cara Belajar Hacker Pro Ala "Hacker Bjorka"

Hacker Bjorka kini menjadi sorotan di media sosial karena berhasil meretas data warga negara Indones...[±401 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:

Template Blog KerenTerbaik, CEK DISINI!

  Template blog Keren atau sudah berganti nama menjadi judul (tema) blog merupa...[±549 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
ini 3 Postingan di telegram bikin pemuda madiun tersangka bantu bjorka

ini 3 Postingan di telegram bikin pemuda madiun tersangka bantu bjorka

Polisi mengungkapkan bahwa tersangka Muhammad Agung Hiyatullah alias MAH (21) ikut mengunggah dalam...[±181 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
×
    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
Festival Pesona Barulak Siap Digelar

Festival Pesona Barulak Siap Digelar

TANAH DATAR – Untuk menyukseskan Program Satu Nagari Satu Event yang dicanangkan oleh Pemerinta...[±217 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
Bunga Tapak Dara, Cantik Bunganya Banyak Khasiatnya!

Bunga Tapak Dara, Cantik Bunganya Banyak Khasiatnya!

Indonesia adalah negara tropis dimana terdapat banyak jenis flora dan fauna di dalam wilayahnya. Nam...[±1551 kata]

×
× rexpos
    ic_posgar2.png f.png wa.png
  • url:
×
    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
Fedri MC Jakarta Akhirnya Go Internasional

Fedri MC Jakarta Akhirnya Go Internasional

JAKARTA - Setelah lebih dari 15 tahun menggeluti dunia Master of Ceremony (MC), akhirnya Fedri Ram...[±349 kata]