× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
5 0 0 0 0 0
5
   ic_mode_light.png

Racun Ikan Buntal Dapat Membunuh 30 Orang Dewasa

Ikan yang terlihat imut ini, ternyata adalah kelompok karnivora atau hewan pemakan daging. Karena diketahui ikan ini tidak terlalu ahli dalam berenang, untuk itulah ikan ini selalu memasukan air ke dalam tubuhnya dan menggembung untuk bertahan agar tidak menjadi santapan ikan yang lainnya. Ketika menggembung, ukuran tubuh ikan buntal ini akan tiga kali lebih besar dari ukuran normalnya.

Menurut beberapa orang, ikan ini memiliki rasa yang sangat nikmat ketika dikonsumsi. Namun bagi anda yang gemar mengkonsumsi ikan yang satu ini, mulai dari sekarang anda harus mengurangi atau menghentikan mengkonsumsinya. Mengapa ? Ya karena ikan yang satu ini secara alami memiliki tetrodotoxin di dalam tubuhnya.

Tetrodotoxin adalah salah satu racun alam yang paling fatal, dimana racun ini 10.000 kali lebih berbahaya dibandingkan dengan sianida. Meskipun orang dewasa mengkonsumsinya sebanyak 0,001 miligram, tetapi tetap saja akan berakibat fatal. Dosis dari racun ikan buntal ini bagi manusia diperkirakan 2 mg TTX. Racun yang sangat mematikan ini akan bereaksi pada korban hanya dalam waktu kurang dari setengah jam.

Tingkat kematian yang disebabkan dari keracunan ikan buntal ini diperkirakan lebih dari 50 persen, bahkan hingga saat ini racun dari ikan buntal tidak ada penawarnya. Satu ikan buntal ini dapat membunuh 30 orang dewasa.

Tetrodotoxin yang ada di dalam ikan buntal ini dapat memblok protein pada syaraf yang bernama saluran sodium. Dan protein tersebut adalah protein yang membuat ion sodium menuju membran saraf. Dimana dengan hal seperti itu kita menciptakan listrik biologi di dalam badan kita. Untuk itulah jika aliran sodium tersebut ditutup tentu saja akan mencegah listrik biologis bekerja. Bahkan sistem saraf dan jaringan lainnya seperti otot akan dimatikan. Sehingga karena itulah dapat menimbulkan kematian.

Mengingat resiko yang bisa kita dapatkan jika kita salah mengolah ikan yang satu ini. Oleh sebab itu, ketika mengolahnya harus memiliki keahlian khusus. Bahkan di Jepang pun koki-koki yang bisa mengolah ikan yang satu ini yaitu koki yang telah memiliki sertifikat dari Departemen Kesehatan.

sc  Ketahui

❮ sebelumnya
selanjutnya ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikFlora dan FaunaWow
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list1.png list
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_masonry.png ic_mode_light.png ic_other.png
+