× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
5 0 0 0 0 0
5
   ic_mode_dark.png

10 Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

Berat badan berlebih dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik, begitu pula dengan dampaknya yang negatif terhadap kesehatan. Maka dari itu, diet untuk menurunkan berat badan penting dilakukan.


Istilah diet sendiri mungkin sudah sangat familiar didengar. Aktivitas untuk turunkan berat badan ini banyak jenisnya, mulai dari diet vegan hingga diet karbohidrat.


Namun perlu diperhatikan bahwa kebutuhan tubuh setiap individu berbeda dengan individu lainnya. Oleh karena itu, tidak semua metode diet sehat cocok untuk semua orang. Dengan kata lain, diet yang aman harus tetap memperhatikan kondisi tubuh individu itu sendiri.


Lantas, apa saja tips diet untuk menurunkan berat badan yang aman untuk dilakukan? Berikut beberapa hal yang dapat diterapkan untuk mendapatkan berat badan ideal.


Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan


Banyak cara menurunkan berat badan yang sehat. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan diet yang aman:


1. Mengukur Body Mass Index (BMI)


Langkah awal dalam program diet untuk menurunkan berat badan adalah mengukur body mass index atau indeks massa tubuh. Tahapan ini dapat menunjukkan informasi tentang berat badan serta status nutrisi seseorang, apakah sudah ideal, kurang, atau lebih.


Jika perhitungan BMI menunjukkan bahwa seseorang memiliki berat badan berlebih, maka penurunan berat badan perlu dilakukan dengan program diet yang disesuaikan. Sebagai gambaran, orang yang mengalami kelebihan berat badan (overweight) perlu menurunkan 5 hingga 10 persen dari berat pada awal pengukuran.


Indeks massa tubuh ini dapat menjadi acuan untuk rencana pola makan diet yang cocok untuk mendapatkan berat badan ideal.


2. Makan Secukupnya


Salah satu tips diet untuk menurunkan berat badan yang mudah dilakukan adalah makan secukupnya. Tidak ada salahnya untuk makan sebanyak 3 atau 5 kali sehari, yang perlu diperhatikan di sini adalah membuat metabolisme tubuh tetap seimbang dengan mengatur porsi makan yang tidak berlebihan sesuai dengan jumlah kalori harian yang direkomendasikan dan jumlah kegiatan yang dilakukan agar energi dalam tubuh tetap stabil.


3. Jangan Lewatkan Sarapan


Diet yang aman diawali dengan sarapan pagi. Agar dapat menjalani aktivitas tanpa hambatan, pastikan untuk sarapan dengan makanan sehat bergizi seimbang. Menu yang kaya dengan protein dan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, telur, dan nasi merah dapat menjadi pilihan yang tepat.


Sarapan pagi bisa membantu mengontrol nafsu makan di siang hari karena asupan karbohidrat yang didapat di pagi hari dapat mengisi perut, sehingga seseorang tidak merasa lapar berlebihan di siang hari dan dapat mengambil porsi makan siang secukupnya. Adapun porsi sarapan yang ideal yaitu 1/4 porsi untuk karbohidrat, 1/4 porsi untuk lauk, dan 1/2 porsi untuk buah dan sayuran.


4. Biasakan Minum Air Putih Secara Rutin


Untuk turunkan berat badan, pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih kurang lebih 2 liter per hari. Perlu diketahui, sebanyak 60% dari tubuh manusia terdiri dari air. Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk menjaga hidrasi tubuh agar fungsi tubuh dapat bekerja dengan baik.


Selain itu, jika kebutuhan air dalam tubuh tercukupi, maka pembakaran lemak pun akan bekerja dengan optimal. Dengan begitu, berat badan dapat menurun seiring waktu.


5. Perbanyak Konsumsi Serat


Diet untuk menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi serat. Makanan berserat tinggi dapat membantu menyerap gizi lebih baik dan memperlambat proses pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong. Berikut beberapa sumber makanan kaya serat yang bisa dikonsumsi untuk diet sehat:


Buah-buahan.


Sayuran.


Sereal dari bahan gandum.


Biji dan kacang-kacangan.


6. Seimbangkan dengan Buah dan Sayur


Mengingat kandungan seratnya yang tinggi, buah-buahan dan sayuran menjadi menu penting dalam diet untuk menurunkan berat badan. Konsumsi buah dan sayur pun dapat menjadi penyeimbang dalam diet. Hal ini dikarenakan konsumsi buah dan sayuran cenderung lebih mengenyangkan dan tidak memiliki jumlah kalori yang tinggi jika dibandingkan dengan nasi, tepung, dan daging.


7. Buat Catatan Diet


Hal penting yang tidak boleh dilewatkan dalam aktivitas diet untuk menurunkan berat badan adalah membuat catatan diet. Seperti buku harian, tulislah apa saja yang dikonsumsi setiap harinya untuk mengawasi progres penurunan berat badan.


8. Hindari Stress Eating


Tenangkan pikiran saat menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Kerap kali, individu yang menjalani diet merasa frustasi apabila hasil tidak sesuai dengan harapan. Untuk itu, hindari kebiasan stress eating agar program diet dapat berjalan dengan sukses.


Pilih menu diet yang tidak membosankan dan sesuai selera Anda. Carilah makanan yang cocok dengan lidah Anda agar proses penurunan berat badan tidak menjadi suatu beban. Dengan begitu, perasaan frustasi atau stres di tengah program diet dapat dihindari.


9. Dampingi dengan Olahraga


Mengatur pola makan saja tidak cukup untuk mencapai berat badan ideal. Dampingi diet sehat dengan olahraga secara rutin agar dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan efektif. Dalam hal ini, aktivitas fisik berat tidak dianjurkan karena dapat membuat kadar gula tidak stabil. Seseorang yang tengah menjalani program diet lebih dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki selama 30 menit setiap hari secara rutin.


10. Atur Waktu Tidur dengan Baik


Tidak memperoleh waktu tidur yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu faktor yang bisa memicu naiknya berat badan. Maka dari itu, saatnya mengubah kebiasaan buruk ini untuk mendukung keberhasilan diet.


Kualitas tidur yang baik dapat mengatur nafsu makan seseorang. Tidur yang cukup akan membuat neurotransmitter (pembawa pesan otak) bernama ghrelin dan leptin lebih terkendali dalam memberikan sinyal asupan kalori dalam tubuh. Apabila seseorang memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, kadar kedua neurotransmitter ini pun akan seimbang sehingga dapat mengurangi bahkan menghilangkan keinginan untuk makan di malam hari.


 


Oleh


Tim Medis Siloam Hospitals

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikelinfodunia
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list1.png list
  • ic_mode_dark.png night
× rexpos
    ic_posgar2.png wa.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_masonry.png ic_mode_dark.png ic_other.png
+