× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×
0 0 0 0 0 0
0
   ic_mode_dark.png

Donny Indra Dt Rajo Diaceh : KAN Salayo Masih Solid Hingga Saat Ini



Solok - Menyikapi beredar informasi yang menyatakan pembentukan kepengurusan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Salayo sebagai Pengurus KAN tandingan, KAN Salayo mengadakan klarifikasi pada 16 Maret 2023.



Ketua KAN, H. Donny Indra Dt. Rajo Diaceh, SH, LLM sangat menyesalkan adanya kegiatan oknum-oknum yang mengatasnamakan ninik mamak Nagari Salayo Kaum Dt. Sangko Basa / Dt. Bandaro Kayo yang diakomodir oleh inisial YSY di acara Rakor KAN se-Sumatera Barat pada 13 - 14 Maret di Padang.



"Seperti yang diberitakan di media sosial, oknum tersebut seolah diberi ruang untuk berbicara pada khalayak ramai, padahal sesuai klarifikasi dari beberapa utusan KAN dari berbagai wilayah di Sumbar. YSY hanya berbicara sejenak. Namun ketika sudah meracau, beberapa ninik mamak mengecamnya. Setelah dikonfirmasi pada pantia pelaksana, ternyata YSY cs ini tidak terdaftar sebagai peserta. Akhirnya panitia memaksa yang bersangkutan untuk keluar ruangan. Hingga saat Gubernur datang, oknum tersebut sudah tidak ada lagi di lokasi," ujar salah seorang pengacara kondang di Sumatera Barat itu.



"Oknum-oknum ini telah sering membuat kekacauan dalam berbagai kegiatan KAN Salayo, bahkan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintahan. Perbuatan yang dilakukan oleh YSY adalah bentuk frustasi karena kalah berperkara (dalam kaumnya) baik di tingkat Pengadilan Negeri, banding di Pengadilan Tinggi dan Kasasi di Mahkamah Agung sesuai keputusan Mahkamah Agung No. 1134 K/Pdt/2019 tanggal 28 Mei 2019."



"Padahal kelompok ini bukanlah ninik mamak urang ampek jinih dan urang bajinih dalam Nagari Salayo. sementara syarat sebagai anggota KAN sesuai dengan AD/ART KAN Salayo haruslah urang ampek jinih dan urang bajinih, alim ulama dan cadiak pandai," tambahnya



Soal tuduhan adanya Intervensi Bupati pada pemilihan pengurus KAN, dibantah keras oleh Ketua KAN Salayo terpilih periode 2022 - 2026 itu.



"Semua orang juga tahu KAN itu menunjuk dan mensyahkan dirinya sendiri. Tidak seorangpun boleh intervensi, seluruh pemangku adat di ranah Minang tahu akan hal ini. Jadi tuduhan itu sepenuhnya fitnah saja. Sebagai Manti dan ketua KAN Salayo, saya harap anak kemenakan kami di Salayo dan di perantauan jangan sampai terhasut fitnah keji tersebut," ujarnya.



."Sebenarnya YSY Cs ini, hanya mempermalukan diri sendiri. Sebab hubungan KAN Salayo dan KAN lain di seluruh Sumbar terutama wilayah Padang sudah terbina harmonis. Jadi tidak mungkin mereka bisa leluasa menyebar fitnah," kata Donny Indra Dt. Rajo Di Aceh menutup berita klarifikasi itu.
❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikelinfodunia
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list1.png list
  • ic_mode_dark.png night
× rexpos
    ic_posgar2.png wa.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_masonry.png ic_mode_dark.png ic_other.png
+