× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

Yerusalem, Kota Penuh persengketaan sejak zaman nabi daud

Yerusalem,

Yerusalem nampaknya menjadi tempat yang mengundang persengketaan hingga hari ini.

Namun ia juga menjadi kota yang benar-benar menarik karena berbagai alasan.

Bahkan artefak paling kuno dari teks alkitabiah ditemukan di Yerusalem.

Tak hanya itu, Yerusalem masih memiliki beberapa fakta menarik lainnya.

Kota Nabi Daud, yang merupakan Yerusalem kuno telah disebutkan dalam Alkitab. Dalam Perjalanan Lama, pada 1000 tahun SM Daud menjadikan Yerusalem sebagai pusat kerajaan dan keagamaan. Setelah itu, Sulaiman putra Daud diketahui membangun Bait Suci yang kemudian menjadi pusat agama Yahudi.

Yerusalem diperebutkan oleh dua kekuasaan, yakni antara Babylonia dan Persia. Raja Nebuchadnezzar dari Babylonia telah berusaha merabut kota pada 597 dan 586 SM. Begitu juga dengan Raja Cyrus Akbar dari Persia, dia menaklukkan Babylonia pada 540 SM dan membangun bagunan suci di Yerusalem

Sejak 63 M, Yerusalem dikuasai kekaisaran Romawi. Perlawanan orang Yahudi dalam perang pada 66 M dikalahkan Romawi. Akibatnya kuil orang Yahudi pun dihancurkan dan Romawi serta Byzantium menguasainya selama 600 tahun.

Pada masa kekuasaan Muslim sejak 637 ditaklukkan oleh Kalifah Umar bin Khatab, kekuasaan berganti dari dari satu mazhab ke mazhab Islam lainnya.

Imperium Islam Sunni abad pertengahan, Seljuq, terus berekspansi ke tempat yang lebih luas. Hal ini membuat kaum Kristen merasa terancam hingga pecahlah Perang Salib. Perang Salib yang hakikatnya memperebutkan Yerusalem itu bahkan terjadi berulang-ulang.

Yerusalem juga akhirnya pernah ditaklukkan oleh kekaisaran Utsmaniyah pada 1535. Sebelum akhirnya jatuh ke tangan Inggris setelah mengalahkan pasukan Utsmaniyah. Seusainya PD II, Inggris menyerahkan kepada keputusan PBB yang kemudian membagi Yerusalem menjadi dua untuk menyediakan negara bagi Yahudi yang selamat Holocaust.

Israel mengalahkan aliansi Mesir, Yordania, dan Suriah dalam Perang 6 Hari pada 1967. Akibatnya, wilayah Yerusalem Timur lepas dari genggaman bangsa Arab dan jatuh ke tangan zionis.

Yerusalem juga sangat penting baik itu bagi Kekristenan atau Islam. Di sana ada tempat-tempat suci yang dihormati secara mendalam oleh miliaran orang di seluruh dunia. Bagi orang Kristen ini termasuk Gereja Makam Suci, Makam Taman, dan Taman Getsemani. Bagi umat Islam ini termasuk Dome of the Rock dan Al Aqsa Mosque.

Israel pada 1980 mendeklarasikan Yerusalem sebagai bagian yang tak terpisahkan dari ibukotanya. intisari
#yerussalem #jerussalem #palestina #alquds

❮ sebelumnya
selanjutnya ❯
Artikelinfodunia
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list1.png list
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_masonry.png ic_mode_light.png ic_other.png
+