× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
4 0 0 0 0 0
4
   ic_mode_light.png

Kolaborasi Fitriansyah Pipit dengan Amir Roez di Rock Spiritual Journey Lahirkan Singel Syukur Nikmat



Jakarta - Sebagai ungkapan rasa syukur diberi kesempatan bertemu dengan Ramadan 1443 H, Fitriansyah Pipit bersama Amir Roez merilis single Syukur Nikmat. Lagu tersebut ditulis Fitriansyah Pipit terinspirasi dari kesadaran atas perjalanan hidup pribadinya yang kemudian dikembangkan oleh Amir Roez, seperti dikatakan Fitriansyah Pipit saat diwawancarai pada Minggu (10/4/2022).



Fitriansyah Pipit juga mengatakan, lagu Syukur Nikmat diluncurkan pada Rabu, 6 April 2022 di kanal YouTube Sembilan Production Official, dirilis untuk mengingatkan kita bahwa Allah SWT sangat baik kepada kita. Meski dosa-dosa kita banyak, tetapi Allah SWT masih tetap memberikan kenikmatan kepada kita, maka kita harus mensyukurinya.



"Allah SWT pasti akan menambah nikmat kepada kita semua jika selalu bersyukur, seperti termaktub dalam Al-Qur'an di surah Ibrahim ayat 7. Mari kita bersyukur dalam kondisi apapun juga, tetap semangat dan optimis tanpa mengeluh atas apa yang telah terjadi pada diri kita. Karena Allah SWT sudah menjanjikan, apabila kita bersyukur akan ditambah nikmat kepada kita," kata Fitriansyah Pipit.



Fitriansyah Pipit menegaskan, perilaku utama yang harus dilakukan manusia di muka bumi ini adalah bersyukur. Untuk mengaktualisasikan rasa syukur yang paling nyata kepada Allah SWT adalah dengan mendirikan salat 5 waktu yang diwajibkan kepada orang-orang beriman.



Duo Fitriansyah Pipit dengan Amir Roez di lagu Syukur Nikmat berformat grup yang bernama Rock Spiritual Journey. Mereka merilis lagu tersebut dalam 10 hari pertama Ramadan, sebagai ungkapan rasa syukur karena masih diberikan umur untuk bisa bertemu lagi dengan bulan Ramadan.



"Dalam hadits disebutkan bahwa 10 hari pertama bulan Ramadan adalah fase Penuh Rahmat. Sehingga 10 hari pertama di bulan Ramadan ini kami berharap mendapatkan rahmat dari Allah SWT atas launching lagu Syukur Nikmat," kata Fitriansyah Pipit.



Pada kesempatan yang sama Musisi legendaris Indonesia Amir Roez mengatakan, Rock Spiritual Journey ia dirikan bersama Fitriansyah Pipit dari gagasan spontan mereka pada akhir tahun 2021 di Jakarta. Kemudian mereka langsung berproses meramu single Syukur Nikmat yang fondasi lagunya disusun oleh Fitriansyah Pipit dan dikembangkan oleh Amir Roez.



Lagu Syukur Nikmat musiknya diarransemen oleh Toto Tewel Gitaris Elpamas yang fenomenal lewat lagu Pak Tua, track-nya diisi oleh; Toto Tewel (gitar), Mando (keyboard), Harto Toxi (bass), dan Bakar Bufthaim (drum), mixing & mastering dikerjakan Ihwan Zaid. Lagu tersebut diproduksi di Gana Studio - Bintaro dan Sembilan Pro Studio. Toto Tewel bersama Rock Spiritual Journey jadi Produser musiknya.



�Arransemen lagu Syukur Nikmat memadukan beberapa unsur musik, yaitu rock, Arabic, tradisi Jawa, dan lainnya secara sastrawi. Kami garap dari endapan memori kami yang muncul kepermukaan untuk meramu musik, juga dari latar belakang musik kami dan daerah asal kami, serta kepekaan kami pada kearifan lokal, sehingga menjadi seperti itu hasilnya. Toto Tewel yang memyempurnakan dengan arransemen. Kami berterimakasih dan bersyukur mempunyai sahabat non muslim tersebut yang sangat toleran dalam segala hal, dan tentu saja untuk musik,� kata Amir Roez.



Seperti dijelaskan Amir Roez, filosofi dari Rock Spiritual Journey yang menjadi nama grupnya tersebut adalah proses yang semestinya ditempuh oleh setiap individu untuk mengenali diri dan memahami kehidupan, sebagai jati diri dan cara untuk berkompromi dengan dunia. Meski demikian, tujuan utama perjalanan spiritual bukan sekadar menemukan jawaban, melainkan selalu ingin tahu tentang segala sesuatu dalam kehidupannya. Filosofi tersebut mereka jadikan tema karya dari grup tersebut yang berkonsep rock.



"Misi dari Rock Spiritual Journey sebenarnya adalah untuk mengingatkan diri sendiri terutama tentang rasa syukur dan membagikannya kepada masyarakat penikmat musik dengan harapan bisa menjadi pengingat bahwa kita harus selalu bersyukur dalam keadaan apapun," kata Amir Roez yang juga pernah jadi Vokalis Elpamas, dan pengisi original soundtrack film layar lebar Kristal Kristal Cinta, Catatan Si Boy 2, dan lainnya.



Selain itu Amir Roez mengatakan, relevansi lagu Syukur Nikmat dengan situasi Indonesia pada saat ini untuk mengembalikan kita semua agar beryukur atas segala nikmat apapun bentuknya. Insyaallah, situasi sosial masyarakat saat ini akan jadi titik balik untuk kita semuanya supaya kembali menuju kondisi lebih baik, seperti perekonomian, dan lain sebagainya.



Lagu Syukur Nikmat dari Rock Spiritual Journey sudah tersedia di Spotify, Deezer, iTunes, Joox, dan platform musik digital lainnya. Video liriknya ada di link berikut ini ; https://youtu.be/DLSjH9cXZtM



(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)
❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Berita
+